Tuesday 14 December 2010

Mengenal MTU 16V595 TE 70 L Marine Diesel Engine

hallo coy...,
sebelum masuk lebih dalam dan terlelap, ada baiknya kita tau apakah itu 16V595 TE 70 L

16 menunjukkan jumlah silinder yang terpasang pada mesin
V menunjukkan konfigurasi Vee
595 menunjukkan seri mesin (yang tiadk lain merupakan 100 kali lipat displacemen untuk 1 silinder dalam liter)
T menunjukkan bahwa mesin dilengkapi dengan aksesoris exhaust turbocharging
E mesin dilengkapi dengan sistim pendinginan split circuit
7 merupakan marine engine
0 merupakan desain index
L mesin sudah di-uprated (ditingkatkan powernya)



General Spesification

Power Mesin : 3925 kw pada RPM 1750
Operating methode : 4 stroke cycle
Combustion method : Direct injection
Mode of supercharging : exhaust turbocharging two stage sequential
Cooling method : liquid cooling
Cylinder arrangement : 72° Vee
Bore : 190 mm
Piston Stroke : 210 mm
Displacement, cylinder : 5,95 l
Number f cylinder : 16
Comprestion ratio : 11 : 1
Direction of rotation : c.c.w (non reversible)
Fuel injection pressure : 450 bar + 8 bar
Mean piston speed : 12,25 m/s at 1750 RPM


Seperti ciri khas mesin MTU yang lain, MTU 16V595TE70L ini didesain sebagai compact engine, apakah itu?? Gampangnya mesin ini dilengkapai dengan berbagai aksesoris, sehingga system pada kapal akan lebih simple (exam : pompa air laut, oli dan bahan bakar langsung terintegrasi pada mesin) sehingga tidak perlu ada pompa-pompa external yang memakan tempat di kamar mesin.

contohnya adalah sistem suplai bahan bakar seperti pada gambar


hlah...simple toh?
bahan bakar dari service tank dialirkan ke oily water separator(OWS) (sebelumnya dilengkapi dengan manual emergency hand pump) dari OWS bahan bakar langsung masuk engine..., enak yo simple (hya iya lah....., secara gtu mesin mahal).

o....ia, dimensi mesin ini Tinggi : 2870 mm, Lebar : 1665 mm, Panjang : 3980mm. kira-kira nye-starter nya gmna ya?? hayo...??

No comments:

Post a Comment